Pages

Tuesday 28 May 2013

Pengertian,Sejarah,Jenis-Jenis Tentang Game

Pengertian Game



     Game berasal dari bahasa inggris yang berarti permainan . Dalam setiap game terdapat peraturan yang berbeda - beda untuk memulai permainannya sehingga membuat jenis game semakin bervariasi . Karena salah satu fungsi game sebagai penghilang stress atau rasa jenuh maka hampir setiap orang senang bermain game baik anak kecil , remaja maupun dewasa , mungkin hanya berbeda dari jenis game yang dimainkannya saja . 

     Game sendiri mempunyai dampak positif dan negatif pada kehidupan yang memainkannya . Contoh dampak positif , misalnya : sebagai penghilang stres karena lelah bekerja seharian , mungkin bermain game tepat untuk menghilangkan penat tersebut . Lalu bagi anak - anak sebagai media untuk menambah kecerdasan otak dan daya tanggap , dan masih banyak lagi dampak positif yang lainnya . Contoh dampak negatif, misalnya : karena terlalu sering bermain game lupa untuk melakukan pekerjaan yang lainnya , sehingga membuat pekerjaan lain menjadi tertunda . Lalu jika bermain game di komputer terlalu lama akan merusak mata , dan lain sebagainya .

Jenis - jenis game 

     Jenis game mungkin sangat banyak dan bervariasi , dari media untuk memainkannya yang berbeda , cara bermain , jumlah pemain , tapi disini yang akan saya jelaskan adalah jenis game berdasarkan tipe game yang biasanya dimainkan di handphone dan komputer .

1.  Action  games, biasanya meliputi tantangan fisik, teka-teki (puzzle), balapan, dan beberapa konflik  lainnya. Dapat  juga meliputi masalah ekonomi sederhana, seperti mengumpulkan benda-benda.
2.  Real Time Strategy (RTS) adalah game yang melibatkan masalah strategi, taktik, dan logika. Contoh  game  jenis ini adalah Age of Empire, War Craft, dan sebagainya.
3.  Role Playing Games  (RPG), kebanyakan game jenis ini melibatkan masalah taktik, logika, dan eksplorasi atau penjelajahan. Dan juga kadang meliputi teka-teki dan masalah ekonomi karena pada  game  ini biasanya melibatkan pengumpulan barang-barang rampasan dan menjualnya untuk mendapatkan senjata yang lebih baik. Contoh dari game ini adalah Final Fantasy, Ragnarok, Lord of The Rings, dan sebagainya.
4.  Real World Simulation, meliputi permainan olahraga dan simulasi masalah kendaraan termasuk kendaraan militer. Games ini kebanyakan melibatkan masalah fisik dan taktik, tetapi tidak masalah eksplorasi, ekonomi dan konseptual. Contohnya seperti adalah game Championship Manager.
5.  Construction and Management, seperti  game  Roller Coster Tycoon dan The Sims. Pada dasarnya adalah masalah ekonomi dan konseptual. Game ini jarang yang melibatkan konflik dan eksplorasi, dan hampir tidak pernah meliputi tantangan fisik.
6.  Adventure games, mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik namun sangat jarang.
7.  Puzzle games,  ditujukan untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Hampir semua  semua tantangan disini menyangkut masalah logika yang biasanya dibatasi oleh waktu.
8.  Slide scrolling games, pada jenis  game  ini karakter dapat bergerak ke samping diikuti dengan gerakan background. Contoh game tipe seperti ini adalah Super Mario, Metal Slug, dan sebagainya.
DEFINISI GAME MENURUT PARA AHLI
Di bawah ini merupakan sebagian definisi dan pengertian dari game menurut beberapa ahli :
# JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti
Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
# IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini. 
# FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan  oleh aktivitas dan rutinitas kita
# SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak
# ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba
# JOHN NAISBITT
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film
# ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi
# WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya 
Kesimpulan dari semua definisi di atas bahwa GAME merupakan suatu alat yang sangat berpengaruh bagi kehidupan dan perkembangan tekhnologi yang ada. Game merupakan sebagian yan gtidak terpisahkan bagi kehiidupan seorang anak khususnya, merupakan hal yang dapat menyebabkan kecanduan kepada orang yang memainkannya, serta dapat menjadi alat refhreshfing penghilang penat dari segala rutinitas keseharian yang telah kita lalui.
·         SEJARAH GAME
Lalu dari segi perkembangan GAME tersebut, dapat dilihat dari perkembangan-perkembangan game dan sejarah dari game tersebut.
Video game berawal dari pengembangan tabung sinar katoda yang terdapat dalam sistem peluru pertahanan pada akhir Perang Dunia II. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam bentuk permainan sederhana. 
Pada 1947 Thomas Toliver Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann menciptakan permainan simulator rudal Cathode Ray Tube Device Amusement. Permainan ini terinspirasi dari kecanggihan radar Perang Dunia II. Inilah game elektronik pertama yang tercatat dalam sejarah.Meski memiliki unsur permainan, game ini tak popular. Penggunaannya terbatas untuk kepentingan simulasi latihan militer. Tampilannya juga masih sederhana; belum berwarna dan hanya mengeluarkan suara “tat-tit-tut”. Baru pada 1970-an game elektronik bias dinikmati di rumah-rumah. Ralph Baer, seorang Jerman berdarah Yahudi, mendesain video game rumahan pertama dengan prototipe bernama Brown Box. Baer menjual idenya ke perusahaan Magnafox. Prototipe Baer kemudian dirilis ke pasar dengan nama Magnafox Odyssey. Produk ini berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Ralph Baer kemudian tercatat sebagai “bapak game dunia”.Popularitas video game kian menanjak ketika pengusaha Nolan Bushnell mendesain mesin game koin (arcade) pertama di dunia bernamacomputer space –di Indonesia popular dengan sebutan Ding-Dong. Bushnell kemudian membuat game simulasi ping-pong yang diberi nama Pong. Game ini laku keras di pasaran. Hampir setiap keluarga di Amerika bermimpi bias membeli game ini. Di berbagai taman hiburan dan kafe, Pong bahkan harus dibongkar setiap 24 jam sekali untuk mengeluarkan koin yang berjejalan. “Selama puluhan tahun, orang Amerika lebih banyak menghabiskan uangnya untuk sistem home video game dan di tempat-tempat permainan Ding-Dong daripada untuk menonton film atau musik –jumlah totalnya mencapai lebih dari sebelas milyar dolar,” tulis Roger Fidler dalam Mediamorfosis
Belum puas dengan Pong, Bushnell meluncurkan Atari 2600, video game pertama yang berbasis konsol, lalu Atari 7800 yang disebut-sebut sebagai pelopor penggunaan joystick
Tapi semua kejayaan itu tak bertahan lama. Pasar jemu. Angka penjualan merosot. Sebagian perusahaan video game Amerika beralih ke bisnis komputer lain atau bangkrut. Sebagian besar kaum eksekutif dan analis industri melihat hal ini sebagai pertanda bahwa video game hanyalah sebuah keisengan.Pada saat itulah muncul pendatang baru dari Jepang, Nintendo, yang menggebrak pasar video game dunia dengan merilis Famicom. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk kali pertama. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom melakukan ekspansi pasar ke Amerika. “Pada 1989, Nintendo mengendalikan 80 persen pasar video game Amerika. Bahkan pada 1990-an, satu dari setiap lima rumah tangga di Amerika memiliki perangkat permainan Nintendo,” tulis Fidler.Pada tahun-tahun berikutnya, Nintendo berhasil menikmati posisi istimewa di pasar video game. Pesaing-pesaingnya tak mampu membendungnya. Sega sempat member perlawanan sengit melalui Sonic The Hedhog. Sayang, perusahaan ini lebih sering kalah cepat dalam pengembangan game ketimbang Nintendo. Penantang serius Nintendo muncul pada 1994. Sony, perusahaan elektronik terkemuka, merilis Sony Playstation (PSX), konsol berbasis CD. PSX terjual hingga ratusan juta unit. Sony bahkan kian merajalela melalui PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD. Nintendo, Sega, dan Microsoft, yang mengeluarkan produk tergres mereka, belum mampu mengalahkannya.Tapi perang belum berakhir. November 2005 Microsoft datang dengan Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD. Dengan segudang fitur istimewa, Xbox 360 menarik banyak penggemar game. Tak mau kalah, Nintendo meluncurkan terobosannya, Nintendo Wii. Dengan inovasi pada stik kontrol mereka yang “motion sensitive”, Nintendo kembali mengambil-alih pasar video game. Sony, sekalipun mengeluarkan Playstation 3, sudah terlambat.
Tinggallah kini persaingan antara Microsoft dan Nintendo. Tapi pesaing-pesaing baru akan bermunculan. Salah satunya Apple, sebuah perusahaan notebook terkemuka yang sukses dengan iPhone dan iPod. Ada rumor mereka berencana terjun ke industry konsol video game. Pihak Nintendo sudah mewaspadai Apple sebagai musuh masa depan mereka. 
·         GAME ONLINE
Membicarakan sebuah game tentu tak lebih seru tanpa mebicarakan perkembangan dari game online yang ada sekarang ini. Untuk pertama saya akan menjelaskan apa arti serta pengertian dari game online tersebut.
PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat
PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. 
 DAMPAK BAIK DAN BURUK GAME
Segala sesuatu pasti memiliki dampak yang positif ataupun yan gnegatif bagi seseorang yang masuk ke dalamnya. Maka dari itu, saya akan membahas sedikit tentan gdampak baik dan buruknya dari permaian game itu sendiri.
Dari postingan diatas tentu kita dapa melihat dampak baik dan buruk dari game itu sendiri. Dampak baik atau positi yang dimiliki oleh game bahwa game yang bersifat permainan dan hisburan tentu dapat merefhreshing sejenak otak dan pikiran para penggunanya untuk sejenak dari segala hal dan berbagai macam pikiran yang menjejali otknya sehingga para pengguna atau pemain game dapat merasa rileks serta senang ketika memainkan permainan tersebut.
Unutk melihat dampak negative atu efek buruk yang ditimbulkan oleh game bahwa game dapat menyebabkan seseorang kecanduhan jika memainkannya terus menerus. Dan siapa yang tidak dapat mengendalikan pikirannya untuk tidak teru sbermain dengan game tersebut maka oaran gyan gtelah kecanduan akan tidak dapat berfikir tentang hal yang baik dan lebih penting daripada hanya bermain permaianan game sepanjang harinya.
Demikian postingan singkat saya untuk topic game ini, smoga sedikit ilmu yang saya berikan dapat membuat perubahan besar bagi anda yang membacanya.

52 comments:

  1. I cant believe I found this just now: http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! Everybody uses this now! (RmGo2rKPfF)

    ReplyDelete
  2. sangat membantu...
    makasih :D

    ReplyDelete
  3. membantu banget nih gan, buat bahan makalah :D makasih ya gan (y)

    ReplyDelete
  4. waduh baru tau ane :o

    www.ngeplaygame.tk

    ReplyDelete
  5. Age of strategy


    Game ini memiliki ratusan peta n puluhan unit.Game Android ini adalah game android bergenre strategy 2D.Meski permainan zaman dulu tapi tetap mengasyikan. Terdapat puluhan jenis pasukan dan ratusan map yang bisa dimainkan pada game ini. Tapi jangan berharap game ini memiliki visual grafis yang baik.

    Ada berbagai banyak fitur game, mulai dari champion,random,etc. Cara bermain mirip dengan guilty stronghold pc, dimana kita membangun istana,barrack,tower dan lain-lain guna menyerang istana lain. Bagi gamers penyuka game adu strategi maka game ini patut dicoba dan tidak akan menyesal. Pemain atau gamer akan dibuat penasaran dan ketagihan bermain.

    Game android age of strategy bisa dimainkan dalam mode offline dan online, ini adalah salah satu keunggulan game ini yang bisa dimainkan dalam mode offline dan membutuhkan kapasitas memory kecil untuk memainkan game ini. Game seperti yang sudah lama saya cari cari dalam android ,apalagi bisa dimainkan multiplayer dan offline.Awal permainan saya dibuat cukup bingung bagaimana memainkannya tapi dalam satu kali coba saya berhasil mengerti dan tahu bagaimana cara memainkan game ini .dalam game ini maksimal kita nisa bermain 2- 6 bangsa dalam sekali permainan. Dimana kita bisa mengatur lawan dan kawan, mengatur mode view pada peta, tingkat level lawan, perlu tidaknya teknologi, dan memberi nama lawan dan kawan. Dalam game ini kita bisa menggunakan mode human agar bisa memainkannya.
    Untuk bermain mode online kita diberi waktu jeda 24jam setiap giliran bermain. Jadi kita bisa bermain santai asal lawan segera memainkan gilirannya (klau tidak begitu bayangin aja stiap giliran 1hari bisa bisa sminggu atau sebulan baru selesai bermain hahaha).
    Bagi yang ingin bermain dengan teman kita bisa memasangkan password sehingga jika bukan orang yang kita inginkan tidak dapat masuk dalam permainan.

    Hebatnya dalam game ini setiap pasukan memiliki kelemahan sendiri-sendiri dimana game ini mbuat kita tidak mononton pada satu jenis pasukan.Misal pasukan berkuda lemah terhadap pasukan bertombak, pasukan udara kalah terhadap pasukan pepanah, dan pasukan pemanah lemah terhadap pasukan darat jarak dekat. Ada juga pasukam khusus kelautan, ada juga pasukan khusus untuk menghancurkan bangunan dan pasukan khusus untuk misi pengintaian hehe... Dalam game ini tidak ada misi mengumpulkan sumber daya alam untuk membangun bangunan dan pasukan. Hanya dperlukan waktu giliran bermain untuk membuat pasykan dan bangunan. Seandainya ada fitur mengumpulkan sumber daya alam untuk membuat pasukan dan bangunan game ini pasti lebih seru lagi.

    Game ini membuat kita adu strategi dalam upgrade pasukan.Ada menu upgrade pada salah satu fitur game, yup kita perlu membuka teknologi, pasukan, istana dan Sains yang berbentuk mirip pohon , dimana kita harus membuka bagian awal dahulu jika kita ingin membuka yang selanjutnya. Untuk membuka diperlukan gems. Gems bisa didapat pada awal main yakni ,20 gems. Untul mendapatkan gems tambahan ada 5 cara yakni, 1. bertaruh gems dengan lawan lain dalam multiplayer online dan 2. dengan cara mempublikasikan dalam facebook demi 10gems dimana kita bisa mendapatkannya setiap hari 1x setiap memposting , 3. Dengan cara membuat postingan 500kata setiap forum mendapat 10-200 gems. 4. Dengan cata memberi donasi sukarela untuk pengembangan dimana kita akan mendapat 400 gems. 5. Dengan menyelesaikan setiap map dalam mode champion dan storyline.

    Banyak fitur yang disajikan dalam peta peta di game ini. Ada fitur hutan,sungai, gunung, batu dan lain-lain dimana menambah suasana real dalam permainan.
    Dimana catapult tidak akan bisa lewat hutan, dimana lawan tidak akan bisa lewat gerbang (hanya pasukan sendiri yang bisa lewat), pasukam udara yang bisa melayang di atas batu, dan pasukan dharuskan memutar naik tangga untuk menuju ke puncak gunung, dimana ini adalah tempat favorit saya meletalkan pasukan jarak jauh hehe... Ada juga fitur air/sungai/laut yang tidak bisa dilalui pasukan

    ReplyDelete
  6. Mari mampir para pemain mobile legends:) https://kembarganteng52.blogspot.co.id/2017/02/hero-terbaik-mobile-legends-bang-bang.html?m=1

    ReplyDelete
  7. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2018/01/sandiaga-minta-pengusaha-hiburan-patuh.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2018/01/israel-kembali-serang-basis-hamas-di.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2018/01/kim-jong-un-pesan-rudal-terbesar-untuk.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    ReplyDelete
  8. This is article is very nice, amazing and good.
    You have given me an idea for my blog. I am very grateful to you.
    S128

    ReplyDelete
  9. Hallo para pecinta poker online nih aku mau kenalin agen poker online terbaik DNAPOKER
    Hanya Dengan Minimal Deposit Rp 10.000,- kamu Sudah Bisa Menikmati Semua Permainan Dalam 1 user id loh .
    * POKER
    * BANDAR CEME
    * OMAHA
    * SUPER TEN
    * DOMINOQQ
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING

    Dapatkan juga bonus-bonus menarik dari kami yaitu :
    - Bonus new member 30%
    - Bonus Deposit Harian 10%
    - Bonus TurnOver mingguan Up To 0.5%
    - Bonus TurnOver Bulanan Up To 0.5%
    - Bonus Refferal Seumur Hidup

    Jadi tunggu apalagi, Ayo bergabung dan Download aplikasinya sekarang juga di hp kamu.

    Link Altenatif kami :
    www.dnapoker.co
    www.dnapkr.net
    www.dnapkr.com

    WA : +85586392773
    Line : dnapoker
    Wechat : dnapoker
    BBM : E33FF559

    ReplyDelete
  10. Hai Teman ..., kami dari Agen poker terbaik dan agen poker terpercaya ingin mengajak kamu bergabung di DNAPOKER.

    jackpot dan withdraw selalu menantikan kalian guys.Dengan modal yang sangat terjangkau sudah dapat bermain di semua permainan ^_^
    ♠ Ceme
    ♣ Poker
    ♥ Capsa
    ♦ DominoQQ
    ♠ Omaha
    ♣ Super Ten

    Adapun bonus-bonus yang kami berikan untuk para pecinta poker Indonesia
    ♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
    ♣ Bonus setiap Deposit 5% max bonus Rp 100.000,-
    ♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
    ♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )

    ♠ Minimal Deposit Rp 10.000,-
    ♥ Minimal Withdrawal Rp 30.000,-

    So tunggu apa lagi segera daftar agen poker terbaik dan agen poker terpercaya ---->>> DNAPOKER

    Untuk info lebih lanjut dapat Hubungi Livechat kami Atau :
    WA : +8558692773
    BBM : E33FF559
    Wechat : DNAPOKER

    link alternatif kami :
    www.dnawin.net
    www.dnawin.co

    ReplyDelete
  11. Artikel ini sangat bermanfaat untuk meengetahui isi negatif dan positif dari game, tapi jangan lupa untuk meengatur waktu keseharian anda.
    Kunjungi website kami untuk penjelasan lebih lengkapnya.

    ReplyDelete
  12. Artikel ini sangat bermanfaat untuk meengetahui isi negatif dan positif dari game, tapi jangan lupa untuk meengatur waktu keseharian anda.
    Kunjungi website kami untuk penjelasan lebih lengkapnya.

    ReplyDelete
  13. Kami dari situs depeliar penyedia informasi yang memberikan tips seputar game online seperti pubg mobile.
    Dengan mengunjungi situs kami, anda dapat mengetahui banyak informasi tentang tekhnologi misalnya

    5 Senjata Terbaik Game PUBG Mobile

    Senjata Sniper Terbaik Game Pubg Mobile

    Senjata PUBG mobile yang Tidak diketahui

    Apa Senjata Terbaik dalam Game PUBG mobile

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya gan, wawasan ane jadi luas tentang game online PC. thanks banget pokoknya

    ReplyDelete
  15. cobain batak poker gan di http://batakpoker.asia banyak hadiah dan games menarik yuk main disana.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    ReplyDelete
  18. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7878491-sejarah-aplikasi-dana-untuk-judi-sabung-ayam

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  19. BANDAR SBOBET Merupakan Tempat Buat DAFTAR SBOBET Yang Terpercaya Di seluruh Indonesia. Menyediakan Banyak Permainan :
    Situs Bola Jalan
    Parlay Bola Jalan
    Situs Parlay 2 Tim
    Judi Bola Resmi
    Agen Bola SBOBET



    '>BANDAR
    http://betindo206.com

    '>DAFTAR
    http://112.140.186.68

    ReplyDelete
  20. Thank you very useful
    We IDOLALOTTO agents come with dozens of online games to accompany the days sitting relaxed at home.
    With the support of Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI, CIMB NIAGA, DANAMON, OVO and VIA PULSA, you can make deposits

    Minimum deposit of IDOLASBOBET 10,000

    Don't wait long to join IDOLASBOBET
    EVENT BONUS NEW MEMBER 20%
    DAILY 10 & EVENT BONUS
    EVENT TURNOVER LIVE GAME & SLOT GAME UP 0.5%
    EVENT BONUS WEEKLY CASHBACK UP 15%
    EVENT TURNOVER IDNPOKER UP 0.5%
    EVENT MONTHLY TURNOVER MAJOR GIFT YAMAHA R25 MOVISTAR

    Remarks Further requirements may be Via Live Chat or WA below
    Bandar judi Online
    Slot Online
    Agen Bola

    sbobetlotto
    WA : +6282276905650

    ReplyDelete
  21. thank you for sharing about this post I am very happy to be here and read this amazing this post
    thepiratebay mirror proxy
    the pirate bay alternatives
    torlock mirror proxy
    torrentz2 mirror proxy

    ReplyDelete
  22. NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    * Deposit via Pulsa TELKOMSEL & XL
    * 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : NagaQQ official
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. NUMPANG PROMOSI YA BOSKU BAGI YANG HOBBY THANKZ
    KINGDOMGROUP SITUS BETTING ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA
    ʟᴏᴍʙᴀ ʀᴀᴛᴜsᴀɴ ᴊᴜᴛᴀ!!!

    LINK DAFTAR https://kingdom899.wixsite.com/98toto

    ᴍɪɴ ʙᴇᴛ : 100 ʀᴜᴘɪᴀʜ

    𝚃𝚘𝚝𝚊𝚕 𝟷𝟶𝟸 𝙿𝚊𝚜𝚊𝚛𝚊𝚗
    ♥️ Pasaran Populer ♥️
    💢sɪɴɢᴀᴘᴏʀᴇ
    💢ʜᴏɴɢᴋᴏɴɢ
    💢sʏᴅɴᴇʏ
    💢ʙᴜʟʟsᴇʏᴇ
    💢ᴄᴀʀᴏʟɪɴᴀᴅᴀʏ
    💢ᴍᴀɢɴᴜᴍ4ᴅ
    💢ᴘᴄsᴏ
    💢ғʟᴏʀɪᴅᴀ
    💢ɴᴇᴡʏᴏʀᴋ
    💢ᴏʀᴇɢᴏɴ
    💢ᴄᴀʟɪғᴏʀɴɪᴀ
    TERSEDIAH 8 GAME TERFAVORIT :
    💢 SPADE GAMING ( TERBARU 🔥🔥 ) CASHBACK 10%
    - SPADEGAMING SLOT
    - SPADEGAMING FISHING HUNTER
    - SPADEGAMING VIRTUAL GAMES
    💢 SBOBET (NEW GAME)
    💢 QUEENMAKER SLOT
    💢 SEXY GAMES (BACCARAT DENGAN PENAMPILAN SEXY)
    💢 PRAMATIC LIVE
    💢 JOKER
    💢 IDN PLAY
    💢 PRAMATIC SLOT
    💢 HABANERO SLOT
    💢 TEMBAK IKAN
    UNTUK SEMUA GAME SLOT CASH BACK 10% (DARI KEKALAHAN MINIMAL 200RB) DAN UNTUK IDNLIVE CASH BACK 10% ( DARI KEKALAHAN MINIMAL 1JT) DI BAGI SETIAP HARI SENIN

    LINK GRUP LOMBA BERHADIAH : https://www.facebook.com/groups/Kingdom.Offficial88

    ReplyDelete
  25. dengan modal kecil dapatkan keuntungan besar ratusan juta rupiah setiap hari dengan bergabung bersama situs resmi terpercaya MURAHQQ

    ReplyDelete
  26. main di situs resmi MENANGQQ dan dapatkan jutaan bonus kemenangan setiap hari

    ReplyDelete
  27. segera daftar dan bermain di situs resmi permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya yang memberikan bonus kemenangan jutaan rupiah setiap hari RANTAIQQ

    ReplyDelete
  28. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 52191764e1fad6901df854e45906f1bd
    website kurma
    numara onay
    sms onay

    ReplyDelete
  29. Thank you for your explanation, very good content. 36be19e3fbe7cb978dddb087b5017518
    altın dedektörü

    ReplyDelete